UNIX

UNIX adalah sistem operasi yang pertama kali dikembangkan di tahun 1960, dan telah di bawah pembangunan konstan sejak itu. By operating system, we mean the suite of programs which make the computer work. Oleh sistem operasi, yang berarti kami suite dari program-program yang membuat komputer bekerja. It is a stable, multi-user, multi-tasking system for servers, desktops and laptops. It is a stabil, multi-user, multi-tasking sistem untuk server, desktop dan laptop.UNIX sistem juga memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) mirip dengan Microsoft Windows yang menyediakan sebuah lingkungan mudah digunakan.  Namun, pengetahuan tentang UNIX diperlukan untuk operasi yang tidak tercakup oleh program grafis, atau jika tidak ada jendela antarmuka tersedia, misalnya, dalam suatu sesi telnet.
Jenis UNIX
Ada banyak berbagai versi UNIX, walaupun mereka berbagi kesamaan umum. The most popular varieties of UNIX are Sun Solaris, GNU/Linux, and MacOS X. Yang paling populer adalah jenis UNIX Sun Solaris, GNU / Linux, dan MacOS X.
Bagian Sistem Operasi UNIX
Sistem operasi UNIX yang terdiri dari tiga bagian; kernel, shell dan program-program.

Kernel

Dari kernel UNIX adalah hub dari sistem operasi: ia mengalokasikan waktu dan memori untuk program dan menangani filestore dan komunikasi di respon ke sistem panggilan. Sebagai gambaran tentang cara yang shell dan kernel bekerja sama, seandainya pengguna jenis rm myfile (yang mempunyai efek dari menghapus file myfile).  Shell yang filestore untuk mencari file yang berisi program rm, dan kemudian meminta kernel, melalui sistem panggilan, untuk menjalankan program di rm myfile. Bila proses rm myfile selesai dijalankan, shell UNIX yang kemudian kembali ke prompt% pengguna, menunjukkan bahwa ia menunggu perintah lebih lanjut.

Shell

Shell bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan kernel. Ketika user log in, login program memeriksa username dan password, kemudian mulai ada program lain yang disebut shell.  Shell adalah sebuah command line interpreter (CLI). Menafsirkan perintah Penyalahgunaan pengguna dalam jenis dan mengangkut mereka untuk dilakukan.  Perintah adalah program itu sendiri apabila mereka menghentikan, shell memberikan pengguna lain prompt (% pada sistem kami). Para ahli pengguna dapat Customise sendiri shell, dan pengguna dapat menggunakan shell yang berbeda pada komputer yang sama. Staf dan siswa di sekolah memiliki tcsh shell secara default.
Tcsh shell yang memiliki beberapa fitur untuk membantu pengguna memasukkan perintah.
Filename Selesai – Dengan mengetik bagian dari nama perintah, dan nama file atau direktori dengan menekan [Tab] kunci, yang tcsh shell akan menyelesaikan sisa nama secara otomatis. Jika shell menemukan lebih dari satu nama yang diawali dengan huruf yang telah Anda ketik, ia akan berbunyi, dorongan anda untuk mengetik beberapa huruf lagi sebelum menekan tombol tab lagi.
Sejarah – Shell menyimpan daftar perintah yang telah Anda ketik in Jika anda perlu untuk mengulang perintah, kursor menggunakan tombol gulir ke atas dan ke bawah daftar atau jenis sejarah untuk melihat daftar perintah sebelumnya.
File and proses
Semuanya dalam UNIX adalah salah satu file atau proses. Sebuah proses adalah melaksanakan program yang unik diidentifikasi oleh PID (process identifier).
Mereka dibuat oleh pengguna dengan menggunakan editor teks, compilers berjalan dll
Contoh file:
# dokumen (laporan, esai dan sebagainya)
# teks dari sebuah program yang ditulis dalam beberapa tingkat tinggi bahasa pemrograman
# terpahamkan petunjuk langsung ke mesin dan dimengerti ke kasual pengguna, misalnya, koleksi angka biner (yang dieksekusi atau file biner);
# sebuah direktori, yang berisi informasi tentang isinya, yang mungkin campuran lainnya direktori (subdirektori) dan file biasa.
Struktur Directory
Semua file dikelompokkan bersama dalam struktur direktori.  File-sistem yang diatur dalam struktur hirarki, seperti pohon terbalik. Bagian atas hirarki secara tradisional disebut Root (tertulis sebagai slash /)
Struktur Directory UNIX
Dalam diagram di atas, kita melihat bahwa direktori home dari mahasiswa sarjana “ee51vn” mengandung dua sub-direktori (docs dan pics) dan sebuah file yang bernama report.doc.
Memulai Sebuah Terminal UNIX
Untuk membuka jendela terminal UNIX, klik pada “Terminal” icon dari menu drop-down.
Terminal UNIX
Terminal UNIX yang kemudian akan muncul jendela dengan% prompt, menunggu Anda untuk mulai memasukkan perintah.
artike : the-exploration.net/index.php/apa-itu-unix-pengenalan-sistem-operasi-unix/

No comments:

Powered by Blogger.