NAT Radio Motorola Canopy

Fungsi dari konfigurasi NAT yang ada di radio wireless Motorola Canopy Subscriber Module (SM) bisa kita gunakan sebagai pengganti server jaringan LAN.


Hal ini bisa membantu dalam hal penghematan dana dimana tidak perlu menyediakan PC Server ataupun Router agar koneksi bisa digunakan oleh beberapa komputer client.
Sementara bagi yang memasang seperti misal Provider, hal ini membantu agar sedikit lebih mudah mengelola network. Karena kalau difungsikan hanya sebagai Bridge resiko terjadinya masalah seperti IP Conflic ataupun Network Broadcast lebih besar.
Untuk melakukan settingan tersebut kita mulai dengan masuk ke bagian Configuration dan pilih menu NAT untuk radio versi 8.xx atau menu Advanced Network Configuration.

Dalam hal ini karena 2 versi tersebut memiliki tampilan menu yang sedikit berbeda maka kita mulai dengan Configurasi untuk Motorola Canopy versi 7.xxx
  1. Masuk ke menu Advanced Network Configuration lalu pada bagian NAT Enable/Disable pilih Enable. 
  2. Trus pada bagian DHCP Client Enable/Disable pilih Disable begitu juga pada bagian DHCP Server Enable/Disable juga dipilih Disable. Hal ini supaya fungsi DMZ bisa digunakan. 
  3. Masuk ke Menu IP Configuration dan isi IP yang diminta. untuk DMZ bisa di isi dengan IP Komputer yang ingin di remote ato IP router yang ingin diremote dari luar jaringan. 
  4. Kemudian save dan reboot.
sementara untuk yang versi 8.xx pilih menu Configuration > dan menu NAT, kemudian isi IP yang diminta dimana DHCP Server dan DHCP Client di disable supaya DMZ bisa berjalan (kebiasaan gue).

  • Setelah itu save dan reboot, kemudian tinggal set IP di Komputer-komputer yang akan digunakan dengan IP yang kita isi di NAT Private Network Interface Configuration. 

kalo butuh 2 atau lebih komputer Client konek ke Internet (juga yang biasa gue lakukan) maka kabel dari Radio yang di colok ke port RG45 di Adaptor yang seharusnya masuk ke PC tinggal dimasukkan ke Hub/Switch, begitu juga dengan komputer2 yang akan konek ke internet yang telah di set dengan IP yang network sama.

No comments:

Powered by Blogger.