Apa Itu Torrent?

Torrent- apa itu torrent? 

Mungkin kalian sering denger kata itu diucap, atau yang sering googling trus cari download film-film tapi ketemunya file torrent, mungkin ada yang belum pada tau apa itu torrent..!

Oke gue bakalan share dikit pengetahuan tentang torrent.

Torrent adalah suatu protokol untuk berbagi file secara langsung dari komputer ke komputer atau biasa dikenal dengan instilah peer to peer.

Jadi, komputer yang digunakan akan terhubung dengan milyaran komputer lain dari seluruh dunia. Disana kita bisa mencari data-data seperti file musik, video, software, artikel atau apapun yang bermanfaat.

Komponen dari toorent itu sendiri adalah:

  • Torrent File : File yang berisi Sebuah informasi metadata dari file yang ingin didownload.
  • Torrents : Suatu yang biasa digunakan untuk menguraikan file yang didistrubusikan oleh sebuah BitTorrent Sistem.
  • Seed/Seeder : Orang yang telah memiliki full copy dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai mendownload sebuah file dan secara otomatis menguploadnya. Logikanya, makin banyak jumlah seeders, maka prosentase kebrehasilan download sebuah file makin besar.
  • Leecher : orang yang baru saja mendownload sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. ―Peer‖ juga masuk kedalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau kesaeluruhan sebuah file. Istilah ―Peer‖ juga bisa diartikan sebagai ―user‖ atau ―Client‖.
  • Tracker : Suatu pusat entity yang mebantu menghubungkan Peers yang satu dengan yang lainnya.
  • A Hit and Runner : Seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, tetapi tidak meng-seed file tersebut dampai rasio mereka mencapai 1.0. Tentu saja ini adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan.  ̳A hit and runner‘ ini sering juga disebut dengan leechers, yang dikategorikan parasit. Walapun istilah yang digunakan sama dengan seseorang yang baru saja akan mendownload sebuah file tapi untuk istilah ini, lebih berkonotasi buruk bagi komunitas Torrent.
  • Swarm : Secara sederhana bisa disebut sebagai ―ekosistem‖,keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi mendownload sebuahfile.
  • Ratio : Perbandingan antara jumlah upload da download. Torrent adalah sebuah protocol berbagi jadi tentu saja, berbagi menjadi suatu keharusan. System rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan.
  • End Game Mode : Ini ketika downloader (sub-pieces atau pieces) telah memperoleh file secara penuh. Selama waktu ini client akan mengirim request kepada semua sub-pieces yang sedang aktif untuk semua peers, ini memungkinkan downloader terakhir akan menyelesaikan proses downloadnya lebih cepat.
  • HashFails : Setiap paket pada torrent terbagi-bagi dalam paket kecil-kecil sekitar 256 kb. Masing-masing paket kecil ini mempunyai sebuah pengecek jumlah untuk memastikan bahwa apa yang ditransfer adalah persis sama dengan file sumber. Pengecek ini biasanya dengan cara semua karakter dijumlahkan (tentunya dalam bentuk biner) yang membentuk string unik yang disebut hash. kalau setelah dicek, hashnya tidak sama, berarti file yang dikopi tersebut kemungkinan rusak (corrupt) akibat proses transfer yang terputus atau sebab lain. File yang rusak (fails) ini dibuang (wasted). Sehingga kalau wastednya terlalu banyak, mungkin koneksi yang bermasalah. Tapi biasanya file rusak ini sangat kecil, kurang dari 1%.
  • Availability : Ketersediaan file tersebut di internet, dapat berubah-ubah tiap waktu. Apabila availabilty sebuah file adalah < 1, maka kemungkinan besar file tidak bisa kita downlaod secara utuh, kecuali kalau ada orang
 
yang bersedia untuk me-―seed‖ file itu lagi.


Download Torren

No comments:

Powered by Blogger.