Install Webmin di ClarkConnect

OK, Berikut adalah cara menginstall Webmin versi 1.490 di ClarkConnect. Terdorong oleh kuatnya keinginan menkonfigurasi website di tempatkan di server, akhirnya ketemu juga cara ini. 
Sebenarnya sudah lama ingin posting kategori ini. Namun karena belum sempat, akhirnya  nyempet-nyempetin. Bagi  anda yang ingin mencoba silakan di oprek.

Berikut ini cara installnya :
  1. Dari Server login dan masukkan pasword, kemudian ketik  # wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.490-1.noarch.rpm kemudian tekan enter.. Awass.. jangan salah ketik itu alamat Mbahhh… tunggu sampai proses download selesai, karena ukuran file nya 15899253 bytes (15MB  an lah). Tunggu proses sambil leyeh-leyeh atau sambil makan cemilian.. wakakakkakaka….
  2. Setelah proses download selesai lanjutkan dengan menginstall dengan cara # rpm -ivh webmin-1.490-1.noarch.rpm tekan enter.. tunggu beberapa detik sampai selesai
setelah proses instalasi selesai, buka halaman depan webmin dengan menambahkan port 10000 di belakang alamat server.
http://192.168.1.254:10000  –> misalnya IP LAN
masuk dengan user root dan password root
Secara default, Webmin tidak bisa membaca iptables yang ada di dalam ClarkConnect, maka harus kita bantu dengan membuat sebuah shortcut didalam folder /etc/rc.d/init.d
$ pwd
/etc/rc.d/init.d
temukan dimana file iptables
#whereis iptables
iptables: /sbin/iptables /lib/iptables /usr/share/man/man8/iptables.8.gz
buat file bernama iptables
$ touch iptables
edit isi file tersebut
$ nano iptables
isikan :
#!bin/bash
/sbin/iptables

tekan ctrl+o untuk menyimpan dan ctrl+x untuk exit
sekarang kembali lagi ke halaman webmin. Pilih Networking –> Linux Firewall.

jika iptables sudah bisa diakses, berarti konfigurasi sudah benar. Dan Silahkan routing kembali server sesuai keinginan dan selera masing-masing sesuai dengan kebutuhan di serve.

No comments:

Powered by Blogger.