Cara Instalasi SMS Gateway Menggunakan Gammu

Bagaimana caranya membuat SMS Gateway?

Sebenarnya banyak software yang sudah beredar di pasaran baik itu yang lisensi dan ada juga yang gratis kalau yang berlisensi antara lain NowSMS sedangkan yang Gratis pake GAMMU yang paling sering dipakai alasannya sangat mudah dan memiliki 2 varian yaitu gammu versi linux dan ada juga yang versi windows silahkan pilih yang mana.

Cara kerja dari semua software SMS GateWay tersebut pada dasarnya sama yaitu menggambil SMS Masuk dari handphone kemudian di simpan dalam database sedangkan kalau SMS keluar maka software tersebut akan mengambil data dari SMS Keluar dari database kemudian dikirim menggunakan handphone jadi pada dasarnya software tersebut memiliki database yang terdiri dari tabel INBOX (untuk sms masuk) dan tabel OUTBOX (untuk sms keluar).

Untuk membuat aplikasi berbasis SMS seperti kuis polling, QuickCount Pemilu , sms bomming, dll adalah hanya memanfaatkan data yang masuk pada database dari SMSGateWay tersebut.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang bagaimana cara instalasi dan seting GAMMU di windows.


  • Apabila belum mempunyai file GAMMU dapat didownload di www.gammu.org 
  • Persiapkan HP (Saran HP Simens C25,M35,C55, M55, MC60, C60,dll) beserta Kabel data-nya dan jangan LUPA DRIVER Modem dari HP dan kabel datanya bila diperlukan. 
  • Ekstrak file gammu_win32.zip ke salah satu folder, misalnya di C:\gammu_win32 
  • Dalam folder gammu_win32 ada file gammurc, itu adalah file konfigurasi gammu utk konek dengan modem, ubah baris port dan connection aja menjadi spt ini: port = com7:
 
[gammu]
port = com7:
#model = 6110
connection = at19200
synchronizetime = yes
#logfile = gammulog
#logformat = textall
#use_locking = yes
#gammuloc = locfile
#startinfo = yes
#gammucoding = utf8
#rsslevel = teststable
#usephonedb = yes


Apabila kurang jelas untuk tipe-tipe HP tertentu silahkan baca di file gammurc dibagian bawah disitu dijelaskan seandainya menggunakan kabel data DKU5, DKU2, InfraRed, BT, dll

  • Sekarang coba masuk ke DOS Prompt, masuk ke folder gammu_win32 folder dimana terdapat file gammu.exe coba ketik: C:\gammu_win32\gammu –identify
 
Bila gammu telah dapat mengenali modem, maka akan muncul seri Firmware dan IME modem GSM nya


  • Edit file smsdrc di C:\gammu_win32 yang perlu diubah hanya baris ini aja

[smsd]
PIN = 1234
logfile = smsdlog
commtimeout = 1
sendtimeout = 10
#receivefrequency = 0
#resetfrequency = 0
#deliveryreport = no
#phoneid = MyPhone1
# ————–SETTINGS FOR –smsd MYSQL ——————

user = root
password = root
pc = localhost
database = smsd <– ini nama database yg mau dipakai

Sekarang jalankan SMS Daemon (server SMS) dengan cara masuk ke dos prompt


Catatan : sebelum menjalankan perintah dibawah ini lakukan Instalasi AppServ dan Instalasi Database Mysql. Penjelasan cara instalasinya ada dihalaman lain.

C:\gammu_win32\gammu –smsd MYSQL smsdrc

  • Bila sukses maka sms gateway server telah berjalan tandanya adalah seluruh pesan sms yang ada di inbox hp akan di pindah ke dalam tabel inbox MySql.

Semua SMS dapat dilihat di tabel inbox di phpmyadmin anda. anda tinggal membuat kode php untuk menampilkannya. sedangkan untuk mengirim sms cukup insert data di tabel outbox, secara otomatis gammu akan mengirim pesan yg ada di tabel outbox, bila sms telah terkirim maka data pada tabel outbox akan dihapus dan dipindahkan ke tabel sentitems.

Selesai.

1 comment:

  1. hai admin , thank you for this awesome blog post on bulk sms gateway

    ReplyDelete

Powered by Blogger.